INSPIRING LEADER

Tuntutan karyawan dan organisasi bisnis kepada pimpinannya dalam membawa organisasi bisnis yang sangat ketat seperti ini semakin kompleks. Pimpinan tidak hanya memiliki multi peran. Pimpinan bukan saja seorang motivator bagi karyawannya, tetapi diharapkan juga berperan secara baik sebagai tauladan, mentor, konselor dan fasilitator. Pendek kata ia harus menjadi pemimpin yang inspirasional bagi karyawan dan organisasi bisnisnya, itulah peran pemimpin saat ini.

Tuntutan adanya berbagai peran dari seorang pemimpin tersebut tidak lepas dari semakin kompleksnya permasalahan dan tantangan dalam manajemen bisnis yang memebutuhkan organizational leader yang kuat dan dapat membawa secara baik sumberdaya manusia di bawahnya dengan solusi yang tepat atas permasalahan yang terjadi dan dapat menjawab tantangan bisnis yang dihadapi.

Ancaman dari persaingan di lingkungan bisnis yang semakin ketat juga membutuhkan pemimpin bisnis yang kreatif dalam menyusun dan mengimplementasikan strategi bisnis yang tepat.

Untuk menjadikan seorang pemimpin yang inspirasional maka ia harus selalu melakukan pengembangan dan pengkayaan diri dalam pengetahuan, memiliki relationships dan networking yang kuat dengan berbagai komunitas bisnis dan sosial, selalu memperbaharui informasi, dan memiliki akses kuat dengan berbagai pengambil keputusan. Hal itu dapat dibangun melalui pendidikan formal yang lebih tinggi, melakukan kajian ilmiah dan bisnis, dan seminar current issues serta aktif dalam organisasi profesi dan sosial. Manajemen waktu yang prima akan sangat membantu pemimpin inspirasional dalam menjalani aktivitas tersebut, dan keuntungan yang akan diperolehnya adalah ia akan selalu on track dalam perannya.

Kemauan untuk mendengarkan, memberi feedback dan menjadi problem solver bagi karyawan dan organisasinya akan menempatkan pimpinan tersebut menjadi tauladan, sangat dihargai serta dirasakan manfaatnya oleh karyawan, dan hal ini akan menumbuhkan serta menguatkan kepercayaan kepada dirinya.

Pimpinan yang dicintai dan dibutuhkan karyawan akan menjadi lebih powerful dalam menjalankan kepemimpinan organisasi bisnisnya karena selalu memperoleh dukungan bulat dari karyawannya dalam mengarungi persaingan bisnis yang ketat.

Motivasi yang diberikan pimpinan kepada karyawan akan menumbuhkembangkan kreatifitas karyawan dan hal ini sangat menguntungkan bagi manajemen. Dorongan untuk melakukan inovasi yang berkelanjutan sangat membantu lingkungan kerja menjadi kondusif untuk terus mempelajari, menapaki dan memperoleh hal-hal baru. Perbaikan dan inovasi yang kontinyu akan selalu terjadi karena inspirasi dan kreatifitas karyawan menjadi tidak buntu dan bahkan memperoleh stimulus untuk tumbuh dan berkembang dari pimpinan. Karyawan yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk terus belajar akan memperoleh mentor yang handal dari seseorang pemimpin yang inspirasional. Ia akan dapat mendidik karyawannya untuk mengidentifikasi masalah secara baik, menemukan sumber masalah, dan kemudian menemukan alternatif pemecahan terbaiknya. Kemampuan dan kemauan karyawan akan dapat tersalurkan secara terarah dalam membantu manajemen bisnis membawa organisasi bisnis memenangkan persaingan dan mencapai tujuan usahanya.

Kemampuan manajerial yang kuat didukung pandangan bisnis yang jauh kedepan akan menempatkan pemimpin inspirasional dalam posisi sebagai manajer handal yang visioner pandangannya tetapi mampu secara realistik mengimplementasikan kebijakan yang diambilnya. Karyawan akan dapat seiring dalam ide dan kebijakan serta dapat menjalankan kebijakan yang diambil pimpinan tersebut secara optimal dengan kesadaran tinggi sebagai bagian dari pilar perusahaan. Pilar yang kuat karena terbangun dari sense of belonging karyawan yang kuat pula, akan dapat membawa perusahaan lebih maju dan berkembang sehingga dapat memberikan value yang lebih tinggi bagi stakeholder ataupun shareholder.

(sumber: SKH Kedaulatan rakyat)

%d blogger menyukai ini: